5 Tips Ini Dapat Meningkatkan Brand Anda di Social Media

Social media adalah sebuah marketing tools yang paling banyak digunakan belakangan ini. Tetapi dengan begitu banyak pengguna social media yang memposting sebuah status ataupun konten berseri membuat para pebisnis online merasa kewalahan. Lini masa yang terus bergerak membuat konten dan social media Anda mudah bergulir dan tenggelam sehingga tidak banyak yang melihat.

Sebagai pebisnis online yang membutuhkan konversi follower social media menjadi konsumen, Anda perlu meningkatkan brand Anda di social media. Brand adalah segalanya. Dengan brand yang kuat dan melekat di pikiran masyarakat akan memudahkan Anda untuk menguasai pasar. Brand yang kuat juga dapat membantu Anda meningkatkan engagement dan brand awareness dengan follower di social media. Nah, bagaimana caranya meningkatkan brand Anda di social media? Simak tips berikut ini, ya!

1. Membuat konten yang memiliki value dan tidak sekadar berjualan saja. Pengguna social media tentunya sangat tertarik dengan berita dan kejadian yang sedang berlangsung, tips-tips yang up to date, cerita-cerita yang bermanfaat dan sebagainya. Banyak konten yang Anda bisa buat tanpa mengedepankan promosi saja. Sebagai contoh, bagi penjual produk fashion, Anda dapat memberikan tips untuk mix and match pakaian yang sedang trend, menceritakan jenis hijab dari masa ke masa, mengunggah tutorial terbaru, dan lain-lain. Jangan takut produk Anda tidak laku karena tidak mengedepankan promosi. Dengan memberikan konten yang bernilai, hal tersebut justru dapat meningkatkan brand Anda di social media. Apabila brand Anda sudah melekat di pikiran followers Anda di social media, sudah tentu mereka akan setia untuk memakai produk Anda.

2. Postinglah konten-konten tersebut secara konsisten. Banyaknya tools yang tersedia untuk memosting sebuah konten secara otomatis dan terjadwal kini dirasa begitu menjenuhkan. Terlebih lagi konten yang terjadwal tersebut biasanya diambil dari konten-konten lama sehingga membosankan para follower yang membacanya. Luangkanlah sedikit waktu Anda untuk berbagi konten pada pagi, siang atau sore hari dan manfaatkan momen sharing tersebut sebagai sarana tanya jawab dengan follower Anda. Hal ini berupaya untuk menjaga brand Anda agar selalu terlihat kreatif karena konten yang fresh.

3. Jangkaulah seluruh followers Anda. Pasti ada beberapa followers Anda yang selalu aktif menjawab status Anda di social media, me-retweet, re-share dan selalu mengikuti konten-konten yang Anda bagikan. Followers dengan tipe seperti ini jangan sampai Anda abaikan. Mereka lah potensi terbesar untuk menyebarluaskan brand Anda kepada orang-orang di sekitarnya. Jadilah admin social media yang ramah, aktif, memiliki ide untuk menggelar kuis serta bagi-bagi hadiah. Dengan banyaknya interaksi dan engagement antara Anda dan para followers, hal ini akan memberi rasa penasaran kepada orang lain yang melihatnya. Sehingga mereka akan ikut memfollow akun social media Anda.

4. Berpikirlah untuk menjangkau seluruh pengguna social media yang sesuai dengan target market Anda. Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan brand Anda di social media, Anda harus bersedia untuk mengeluarkan sejumlah budget. Keberadaan social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram secara tidak langsung menjadi database dari berbagai penggunanya berdasarkan faktor umur, gender, hobi dan banyak hal lainnya. Tentunya hal ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan jualan. Terlebih lagi setelah Facebook, Twitter dan Instagram meluncurkan layanan iklan bagi penggunanya yang ingin melakukan promosi lebih luas dan tidak terbatas dengan fans di Fanspage Facebook maupun follower Twitter dan Instagram Anda saja. Layanan iklan ini mampu menjadi jembatan bagi pebisnis online untuk dapat memasarkan produk bisnisnya melalui social media. Dengan banyaknya pengguna social media dari berbagai kalangan yang melihat iklan Anda, diharapkan mampu meningkatkan brand Anda di social media hingga peningkatan omset penjualan yang berlipat-lipat.

5. Memberikan solusi dari keluhan pelanggan secara cepat. Social media kini telah dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk menyampaikan keluhan. Siapapun dapat membacanya sehingga sangat mudah bagi pengguna produk Anda untuk mengetahui keluhan tersebut. Sebelum keluhan tersebut menjadi semakin viral dan banyak orang yang mengetahuinya, Anda perlu belajar untuk menanggapi dengan cepat. Jika konsumen yang kecewa dengan produk Anda memosting sesuatu di social media, hubungilah mereka secepat mungkin dan berikan solusi yang tepat. Sebagai contoh, banyak sekali brand besar seperti jasa ekspedisi, penyedia transportasi, perusahaan telekomunikasi dan layanan jasa lainnya yang tab mentionnya penuh dengan makian dan keluhan. Belajarlah dari mereka untuk menghadapi pengguna social media dengan berbagai latar belakang pikiran yang beragam.


Sumber: disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Support